TAPAI ULI TERKENAL DENGAN RASANYA YANG MANIS

SABILISLOW- Menentukan keberhasilan tapai uli adalah dalam proses fermentasi. Tapai uli  camilan paling populer di kalangan Betawi, disajikan pada banyak hari istimewa. 

Makanan manis ini terbuat dari ketan putih dan ketan hitam, ragi dan kelapa. Manisnya tidak hanya berasal dari bahan, tetapi juga dari fermentasi khusus dan tradisi selama pembuatannya.

Sebelum beralih ke fermentasi, perbedaan dalam bahan ketan yang digunakan untuk tapai dan uli.
Beras ketan untuk Tapai dan Uli berbeda. Untuk Tapai, ada sesuatu yang disebut Ketan Solo, untuk Uli, ada nama yang disebut Ketan Paris

Cara membuatnya memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Nasi ketan hitam putih dicuci dan direndam selama satu jam. Setelah itu, tiriskan ketan dan kukus hingga halus.

Langkah selanjutnya adalah mengangkat ketan dan mencucinya dengan air dingin sampai ketan itu dingin. Setelah itu, masak nasi ketan dengan uap. Nasi ketan yang dimasak kemudian ditempatkan di atas sampai benar-benar dingin.

Sementara itu, siapkan ragi halus dan  tumbukan. Ragi tipis ini kemudian ditaburkan di atas beras ketan yang sudah dingin. Masukkan beras ketan ke dalam wadah dan tutupi.

Lalu perlahan-lahan masukkan ketan ke dalam wadah sambil menambahkan ragi.Menambahkan ragi ke ketan adalah proses yang paling sulit. Di sinilah penentuan keberhasilannya.


0 Response to "TAPAI ULI TERKENAL DENGAN RASANYA YANG MANIS"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak