MAKANAN YANG TERBUKTI BISA MENURUNKAN KOLESTEROL TINGGI

Kolesterol tinggi adalah penyakit yang dikeluhkan banyak orang. Jika dibiarkan, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. Tenang, Anda bisa mengatasi masalah kolesterol tinggi ini dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol, buah-buahan untuk menurunkan kolesterol, obat penurun kolesterol dan herbal penurun kolesterol alami.yang banyak terdapat di sekitar kita.

Tubuh manusia mengandung kolesterol, senyawa seperti lemak yang  secara alami di hampir semua bagian tubuh Anda, seperti otak, saraf, otot, usus, hati, dan jantung. Kolesterol berasal dari dua sumber, yang diproduksi oleh hati atau oleh makanan yang Anda konsumsi.

Tingkat kolesterol normal yang direkomendasikan oleh dokter biasanya kurang dari 200 miligram per desiliter (mg / dl). Jika Anda melakukan tes kadar kolesterol, pastikan untuk mendapatkan detail hasil HDL (lemak baik) dan LDL (lemak jahat). Tingkat HDL yang baik adalah 60 mg / dl, tetapi semakin tinggi angkanya, semakin baik. Sementara itu, kadar LDL yang aman di bawah 100 mg / dL.

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, Anda pasti ingin tahu apa saja sumber makanan penurun kolesterol yang bisa menjadi penyelamat hidup Anda. Nah, berikut beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa Anda andalkan, termasuk:

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah salah satu makanan yang mengurangi kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Karena minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi dapat menurunkan kolesterol LDL atau lemak jahat dan meningkatkan kolesterol HDL, juga dikenal sebagai lemak baik.
Anda dapat mencampur 2 sendok makan minyak zaitun dan zaitun dalam salad atau mencoba menggoreng dan menumis makanan dengan minyak zaitun.

2. Makanan havermut dan kaya serat
Siapa yang tidak kenal oatmeal? Kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi oatmeal sebagai makanan utama diet. Tapi, sebenarnya, oatmeal juga merupakan makanan yang menurunkan kolesterol, 
Oatmeal baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat mengurangi kadar LDL dalam tubuh. Serat dalam oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Makan 10 gram serat gandum dapat menurunkan kolesterol total, termasuk kolesterol jahat, juga dikenal sebagai LDL.

3. Kedelai
Sumber makanan yang berasal dari kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai atau pasta kacang mengandung isoflavon. Isoflavon ini berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak lagi berkembang dalam aliran darah.
Meski begitu, ada hal yang harus Anda hindari. Saat memproses bahan makanan kedelai, hindari memasak atau menambahkan minyak goreng biasa. Agar lebih sehat, tukar minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, yang setara dengan Badan POM di Indonesia, merekomendasikan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol.

4. Kenari
Kacang ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai salah satu makanan untuk diet. Selain itu, kacang bisa menjadi makanan lezat untuk mengurangi kolesterol.
Sama seperti ketika Anda mempercayainya sebagai makanan diet, serat larut tinggi dalam kacang-kacangan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda. Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, kacang-kacangan atau kacang almond secara teratur selama 6 minggu dapat mengurangi kolesterol sebesar 10 persen.

5. Salmon
Salmon yang diperkaya Omega-3 berguna untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dan untuk meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain mengandung omega-3, salmon juga mengandung EPA dan DHA, yang sangat baik untuk kesehatan dan fungsi profesional organ jantung.
Sebuah asosiasi kesehatan Amerika telah menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi setidaknya dua porsi salmon, tuna, sarden atau makarel setidaknya sekali seminggu, seseorang dapat secara optimal mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Ini berarti bahwa ikan adalah salah satu makanan utama penurun kolesterol bagi Anda.

6.  Kuaci Tawar
Siapa yang mengira bahwa biji bunga matahari, yang sering disebut kuaci, adalah salah satu makanan penurun kolesterol?
Kuaci mengandung tembaga yang baik untuk tubuh. Tubuh kita membutuhkan tembaga karena kebiasaan makan tembaga rendah akan lebih sensitif terhadap kadar LDL (kolesterol jahat) yang tinggi, dan kolesterol baik yang diserap oleh tubuh.
Jadi, jika Anda suka mengonsumsi makanan ringan biji labu dan biji bunga matahari, terutama yang segar tanpa tambahan garam, ini perlahan-lahan dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh jika disertai dengan diet sehat.

Itulah makanan yang dapat menurunkan kolesteror tinggi terimakasih atas kunjungannya salam hangat Sabili slow