BUAH-BUAHAN PENURUN KOLESTEROL TINGGI

Buah-buahan penurun kolesterol tinggi
Anda juga bisa mencoba beberapa buah untuk menurunkan kolesterol. Ini tentu kabar baik bagi Anda yang suka makan buah tetapi memiliki masalah kolesterol tinggi.

Buah-buahan mengandung pektin, sejenis serat yang larut dalam air yang dapat mengikat asam empedu. Ketika serat mengikat asam empedu, pengikatan dapat mengurangi penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar HDL, juga dikenal sebagai kolesterol baik dalam tubuh. Buah-buahan yang berbeda untuk mengurangi kolesterol yang dapat Anda konsumsi adalah:

1. Alpukat
Apakah Anda mencari buah yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda? Cobalah makan alpukat.

Alpukat adalah buah untuk mengurangi kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik, sementara mengurangi kadar LDL, juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung beta-cystosterol, sejenis lemak nabati yang berfungsi mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Tapi ingat, alpukat juga cukup tinggi kalori dan lemak, lho. Setiap alpukat mengandung sekitar 300 kalori dan 30 gram lemak. Karena itu, Anda bisa makan alpukat asalkan jumlahnya terbatas.

2. Jambu biji
Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel jantung dari radikal bebas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan jambu biji sebagai salah satu buah yang menurunkan kolesterol.

Buah jambu biji kaya akan kalium dan serat larut yang membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Pada saat yang sama, vitamin dan mineral juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik untuk mencegah berbagai penyakit jantung.

Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology yang meneliti kadar kolesterol pada 12 orang. Peserta diminta makan jambu biji secara teratur sebelum makan selama 12 minggu.

Akibatnya, peserta mengalami penurunan total kolesterol sebesar 9,9 persen dan peningkatan HDL sebesar 8 persen. Ini berarti buah jambu biji tidak diragukan lagi merupakan buah alami yang mengurangi kolesterol bagi tubuh.

3. Apel
Apel, terutama bagian kulit, mengandung pektin. Pektin adalah jenis serat larut yang dapat membilas kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan menghilangkannya melalui urin dan feses.

Selain kaya serat, apel juga mengandung polifenol tingkat tinggi, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan. Dengan mengonsumsi apel secara teratur, jantung Anda akan lebih sehat dan Anda akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

4. Jeruk
Siapa yang tidak suka jeruk ini Selain warna yang indah dan menyegarkan, jeruk juga termasuk buah-buahan yang menurunkan kolesterol. Anda tentu tahu bahwa jeruk adalah sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C ini dapat membantu mencegah akumulasi kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Seperti buah-buahan lain yang menurunkan kolesterol, jeruk juga kaya serat yang larut dalam air yang dapat mengikat kolesterol dalam makanan. Buah ini juga mengandung d-limone, yang merupakan senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Bahkan, Jidong Sun, seorang peneliti di Universitas Nebraska di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa senyawa d-limone pada jeruk dapat membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus besar.
Itulah jenis buah yang bisa menurunkan kolesterol tinggi semoga bermanfaat terima kasih atas kunjungannya salam hangat Sabilislow