INGIN MENGHINDARI MAKANAN SIAP SAJI INI TIPSNYA


Bukan rahasia  lagi jika makanan cepat saji menawarkan kemudahan kecepatan maupun kelezatan untuk disantap. Meski sudah banyak diketahui dampak buruk dari makanan cepat saji, tetap saja sering kali tidak bisa untuk menahan godaan menyantapnya.

Tentu ada cara agar bisa menahan godaan menikmati makanan yang dianggap sampah tersebut. 
Berikut tips dan trik menghidari godaan makanan siap saji diantaranya:

=>  Alihkan perhatian
Aroma makanan siap saji mungkin telah melekat dalam memori otak Anda. Bagaimana cara melawannya, Cobalah mengalihkan perhatian dengan berjalan cepat atau bermain game. Dengan begitu, memori bisa teralihkan dari aroma aroma nikmatnya makanan siap saji kepermainan game.

=> Tempatkan penghalang fisik
Cara menghidarinya bisa dengan menempatkan penghalang fisik antara Anda dan makanan siap saji. Misalnya, simpan es krim di lemari es bagian terdalam. Pilih rute pulang dari kantor yang tidak akan membawa Anda melewati area penjual makanan siap saji.

=> Fokus sisi negatif
Wilayah otak korteks prefrontal dorsolateral, yang terletak di depan kepala, menentukan konsekuensi jangka panjang dari tindakan yang diambil, norma sosial dan alasan lain untuk menghindari keinginan untuk makanan cepat saji. Namun, peringatan yang benar akan muncul: jika lapar, kurang tidur atau stres, keinginan untuk makan cepat saji diperkuat.

Cara melawannya: fokus pada efek samping dari makanan cepat saji atau bayangkan makanan enak di otak jatuh ke lantai, sangat kotor. Sebuah studi tentang imajinasi otak menunjukkan bahwa melatih pikiran-pikiran ini akan mengaktifkan area otak tertentu.

=> Olahraga teratur
membangkitkan semua indera dan mengirim data sensorik ke korteks rasa. Sel-sel rasa pada sistem pencernaan mengirimkan sinyal kesenangan ke otak. Kemudian, dopamin dan opioid mengalir dengan bebas dan akan lebih sulit untuk berhenti makan daripada sebelumnya.

Cara mengatasinya: Perkuat area otak korteks prefrontal dorsolateral dengan olahraga teratur. Latihan fisik akan memperlancar sirkulasi darah dengan oksigen, hormon, dan simpanan glikogen. Semakin kuat keringat, semakin kuat pula disiplinnya

Itulah tips agar kita terhindar dari makanan sampah terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.