ILmu Agama Bukan Sekedar Teori

Syaikh Muhammad bin Saleh al-Utsaimin rahimahullah menuturkan,


"فَائِدةُ العلم هو التَّطبيق العَمَلي بِحَيثُ يَظهرُ أثَرُ العلمِ على صَفَحَات وجه الإنسان وسلوكه وأخلاقه وعبادته ووقاره وخشيته وغير ذلك وهذا هو المهم."

"Manfaat ilmu agama adalah penerapan amalannya. Sehingga pengaruh ilmu itu tampak pada raut wajah seseorang, tingkah lakunya, akhlaknya, ibadahnya, ketenangannya, rasa takutnya atau yang lainnya dan itulah yang penting."

(Asy-Syarh al-Mumti' 7/166)

Perkataan Syaikh Muhammad bin Saleh al-Utsaimin tersebut. Maknanya adalah bahwa manfaat ilmu agama adalah ketika ilmu tersebut diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu agama tidak hanya sekadar teori yang dihafal, tetapi harus diterapkan dalam perbuatan.

Seseorang yang memiliki ilmu agama yang bermanfaat adalah orang yang ilmunya tampak dalam dirinya. Ilmu tersebut tampak dalam raut wajahnya, tingkah lakunya, akhlaknya, ibadahnya, ketenangannya, rasa takutnya, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa contoh dari manfaat ilmu agama yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Raut wajah yang ceria dan berseri-seri 

Hal ini karena ilmu agama mengajarkan bahwa hidup adalah anugerah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala yang harus disyukuri.

2. Tingkah laku yang santun dan sopan 

Hal ini karena ilmu agama mengajarkan bahwa kita harus menghormati sesama manusia, baik yang tua maupun yang muda, yang kaya maupun yang miskin.

3. Akhlak yang mulia

Hal ini karena ilmu agama mengajarkan tentang akhlak-akhlak mulia, seperti jujur, amanah, sabar, dan pemaaf.

4. Ibadah yang khusyuk

Hal ini karena ilmu agama mengajarkan tentang tata cara beribadah yang benar dan khusyuk.

5. Ketenagan jiwa

Hal ini karena ilmu agama mengajarkan tentang hakikat hidup dan kematian, sehingga seseorang tidak mudah gelisah dan khawatir.

6. Rasa takut kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Hal ini karena ilmu agama mengajarkan tentang keagungan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan ancaman-ancaman-Nya bagi orang-orang yang berbuat maksiat.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari ilmu agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu agama akan memberikan manfaat yang besar bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat.

0 Response to "ILmu Agama Bukan Sekedar Teori"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak