Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda

Sunda adalah salah satu suku terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. 

Suku Sunda memiliki budaya yang kaya, termasuk seni, musik, dan kuliner. Kuliner Sunda terkenal dengan cita rasanya yang khas dan beragam.

Berikut adalah beberapa makanan khas Sunda yang wajib dicoba:

Nasi Liwet


Nasi Liwet

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Nasi liwet biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan tempe orek.

Karedok


Karedok

Karedok adalah salad sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu kacang. Karedok biasanya disajikan dengan lontong atau nasi.


Sate Maranggi

Sate Maranggi

Sate maranggi adalah sate daging sapi yang dibakar dengan bumbu kecap merah. Sate maranggi biasanya disajikan dengan lontong atau nasi.

Nasi Timbel

Nasi Timbel

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan santan. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan tempe orek.

Tutut Oncom

Tutut Oncom

Tutut oncom adalah nasi yang ditumbuk dengan oncom yang digoreng. Tutut oncom biasanya disajikan dengan lalapan.

Batagor

Batagor

Batagor adalah bakso tahu goreng yang disajikan dengan bumbu kacang. Batagor biasanya disajikan dengan lontong atau nasi.

Cireng

Cireng

Cireng adalah aci yang digoreng. Cireng biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus sambal.

Cilok

Cilok

Cilok adalah aci yang dicolok. Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus sambal.

Es Doger

Es Doger

Es doger adalah es campur khas Sunda yang terbuat dari es serut, santan, gula merah, dan tape. Es doger biasanya disajikan dengan buah-buahan seperti alpukat, nangka, dan kelapa muda.

Itulah beberapa makanan khas Sunda yang wajib dicoba. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Jawa Barat, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan tersebut. Anda pasti akan menyukainya!

0 Response to "Makanan Khas Sunda"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak