Wedang Ronde

Ronde merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang bisa untuk menghangatkan badan di saat cuasa terasa dingin. 


Sekarang sobat bisa membuatnya sendiri dirumah berikut Resepnya:

Bahan-bahan:

Bahan Ronde
150 g tepung ketan 
1/8 sdt garam
1 sdt gula pasir
150 g air dingin
Pewarna makanan warna hijau dan merah muda  
 
Bahan Isi
30 g kacang tanah/kacang mete, sangrai
½ sdm wijen sangrai
35 g gula pasir halus
½ sdm air
 
Bahan Kuah Jahe
250 g jahe
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun pandan
300 g gula pasir
2.000 ml air

Bahan Pelengkap
Manisan kolang-kaling, iris tipis
Roti tawar, iris bentuk dadu 1 cm
Kacang tanah sangrai, belah-belah

Cara membuat:

1. Ronde: Campur tepung ketan, garam, gula dan air, lalu aduk dan uleni hingga adonan bisa dipulung. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Beri pewarna hijau pada satu bagian adonan, warna merah muda pada bagian yang lain dan satu bagian lagi dibiarkan tetap berwarna putih, sisihkan.
 
2. Isi ronde: Cincang kacang sangrai, lalu aduk bersama wijen sangrai, sisihkan. Masak gula dan air hingga gula larut, masukkan campuran kacang dan wijen. Masak hingga bahan tercampur, angkat, dinginkan.
 
3. Kuah jahe: Bakar jahe hingga kulitnya agak gosong, kupas, memarkan. Taruh jahe bersama daun jeruk, daun pandan, gula dan air dalam panci, jerang di atas api. Masak hingga mendidih, kecilkan api, rebus terus selama 10 menit, angkat.
 
4. Masak air dalam panci hingga mendidih, siapkan air dingin dalam mangkuk besar untuk merendam ronde yang telah matang. Ambil ±2 sdt adonan ronde, bentuk bulat sebesar kelereng, pipihkan, taruh ½ sdt adonan isi di atasnya. Lipat bagian pinggir adonan ke tengah hingga tertutup dan bentuk adonan menjadi bulat kembali, sisihkan. 
 
5. Lanjutkan membuat biji ronde dari sisa bahan, lalu masukkan ke dalam air mendidih dalam panci, tunggu hingga bulatan mengapung. Angkat biji ronde yang telah mengapung, tiriskan. Celupkan ke dalam air dingin dalam mangkuk, lalu masukkan ke dalam kuah jahe dalam panci.
 
6. Sajikan kuah jahe beserta biji ronde dalam mangkuk saji. Tambahkan manisan kolang-kaling dan roti tawar iris. Taburi kacang tanah sangrai, hidangkan selagi masih panas.

Itulah Resep dan cara membuat ronde. Semoga keluarga anda menyukainya. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Wedang Ronde"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak