Membuat Tempe Sendiri Mudah

Membuat Tempe Sendiri Mudah

Cara membuat tempe sendiri sebenarnya sangat mudah sekali, sapa sih yang tidak suka dengan tempe makanan khas Indoesia yang terbuat dari kacang kedelai yang di permentasi dengan bahan lain, fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. 

Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. 

Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.

Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. 

Akibatnya, saat ini tempe tidak hanya diproduksi di Indonesia tetapi juga di banyak tempat di dunia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. 

Indonesia juga sekarang berusaha mengembangkan galur (strain) unggul Rhizopus untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi tempe. 

Beberapa pihak mengkhawatirkan kegiatan ini dapat mengancam keberadaan tempe sebagai bahan pangan milik umum karena galur-galur ragi tempe unggul dapat didaftarkan hak patennya sehingga penggunaannya dilindungi undang-undang

Berikut cara membuat tempe secara sederhana, anda isa mencobanya membuat sendiri dirmah

Bahan-bahan yang dibuthkan:

  1. 250 gr tepung beras 
  2. 1 kg Kacang kedelai
  3. Ragi tempe instan 1sdm (bikin sendiri juga bisa dengan tempe yang udah jadi Di jemur sampai kering setelah kering di tumbuk sampai halus dan bisa di campur dengan tepung tapioka)

Langkah-langkah membuatya:

  1. Cuci bersih kacang kedelai yang akan di rebus
  2. Rebus kacang kedelai sampai mengembang dan sedikit lunak
  3. Tiriskan kacang kedelai sampai dingin baru kelupas kulitnya dengan manual yaitu tangan selama masih sedikit bisa di atasi dengan tangan kalau banyak bisa mengguakan mesin .
  4. Cuci ulang kembali kacang kedelai yang sudah diupas kulitnya tadi sampai bersih dan kulit bisa di buang atau di pisah di wadah lain
  5. Rendamlah kacang kedelai yang suda dibersihkan tadi deng air selama satu malam 
  6. Bila sudah di rendam selama semalam cuci bersih kembali kacang kedelai tadi dan proses pengkukusan kurang lebih 30 menit, atau ngerasa kacang kedelai sudah lunak bisa di angkat kembali.
  7. Setelah kacang kedelai selesai di kukus.Tiriskan ke wadah yang bisa membuat kacang kedelai cepat kering.
  8. Setelah kering adoni tempung beras usahakan sebelum di adonin tempung beras di ayak atau di saring dulu agar lebih halus, dan tak ada tepung yang menggumpal,setelah selesai di saring campurlah tempung beras dan ragi jadi satu
  9. Campurlah kacang kedelai deng adonan tepung beras dan ragi tadi. Usahakan dalam mencampurkan bahan pencampuran kacang kedelainya sudah kering.
  10. Setelah tercampur dengan kemudian roses pembungkusan bisa pakai plastik atau daun pisang. Isi kantong pastik sesuai selera anda 
  11. Setelah selesai pembungkusan tusuklah bungkusan plastik tadi dengang tusuk gigi bolak balik usahakan di tusuk agar ada ruang udaranya .diamkan bungkusan yang ada odonan tempe itu kurang lebih 2 hari biar bisa berjamur.
Muda sekali keliatanya ya membuat tepe sendiri, selamat mencoba semoga berhasil, terma kasih atas kujunganya.

0 Response to "Membuat Tempe Sendiri Mudah"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak