CARA MENGATASI RASA KANTUK SETELAH MAKAN


SABILISLOW-Beberapa orang merasa tidak nyaman dengan rasa kantuk yang sering menyerang setelah makan siang. Banyak dari mereka juga gagal mengatasi rasa kantuk dan hanya bisa menyerah ketika dihadapkan dengan dorongan yang tak tertahankan ini.

Anda tidak perlu terlalu khawatir. Secara umum, sedikit kantuk setelah makan adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Ini karena kondisi tersebut disebabkan oleh hal-hal normal, seperti:

Hubungan dengan kepuasan metabolisme dan tidur
Kepuasan metabolisme perasaan kenyang setelah makan erat kaitannya dengan proses tidur manusia. Misalnya, fenomena kurang tidur meningkatkan nafsu makan karena hormon ghrelin meningkat dan hormon leptin berkurang.

Bagaimana dengan rasa ingin tahu yang muncul setelah makan? Diyakini bahwa neuropeptida atau zat untuk komunikasi saraf yang disebut orexin berperan dalam kasus ini. Orexin diketahui mengatur proses tidur dan makan.

Ketika Anda lapar, tingkat oreexin meningkat dan membuat seseorang tetap waspada. Ketika tubuh puas karena penuh, laju orexin menurun dan keinginan untuk tidur muncul.

Munculnya produksi hormon melatonin
Melatonin adalah hormon yang diketahui mengatur proses tidur. Mengonsumsi makanan yang kaya melatonin akan membuatnya lebih mudah tidur.

Telur, ikan, kacang-kacangan, jamur, sereal, dan biji-bijian adalah contoh makanan yang kaya melatonin. Kadar melatonin dalam darah manusia akan meningkat secara dramatis setelah mengonsumsi makanan ini. Karena itu, mungkin lebih sulit untuk mengatasi rasa kantuk setelah makan siang jika Anda mengonsumsi makanan ini.

Atasi rasa kantuk setelah makan siang
Dimungkinkan untuk mengatasi kantuk setelah makan siang berdasarkan faktor eksternal yang dapat dimodifikasi. Faktor-faktor ini termasuk:

Jenis makanan
Diperkirakan bahwa triptofan, asam amino yang ditemukan dalam banyak makanan kaya protein, merangsang peningkatan produksi serotonin, hormon pengatur tidur. Beberapa jenis makanan mengandung banyak asam amino triptofan, termasuk telur, keju, tahu, ikan, bayam, kalkun dan kedelai.

Oleh karena itu strategi untuk mengendalikan kantuk parah setelah makan siang adalah membatasi jenis makanan. Jangan lupa batasi jenis makanan yang mengandung melatonin, eh!

Asupan cairan
Kurangnya air minum juga dikaitkan dengan munculnya rasa kantuk. Karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kantuk, ingatlah untuk menjaga asupan air yang cukup saat makan siang.

Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi kafein berlebih, terutama di malam hari. Memang, konsumsi kafein di malam hari dapat memengaruhi tidur. Anda akan mudah mengantuk setelah makan siang pada hari berikutnya.

Kecukupan waktu tidur
Kurang tidur yang berkualitas akan mempengaruhi tubuh keesokan harinya. Oleh karena itu, sangat logis untuk mengatakan bahwa menjaga jadwal tidur yang teratur untuk menjaga kualitas adalah cara untuk mencegah dan mengatasi rasa kantuk setelah makan siang.

Rutin Olahraga
Olahraga teratur menjaga tubuh tetap bugar, tidak mudah lelah dan lebih efektif dalam mengatur penggunaan energi. Dengan demikian, olahraga teratur dapat membantu mengatasi rasa kantuk yang berlebihan setelah makan siang.

Lakukan olahraga teratur setidaknya 2 hingga 3 kali seminggu dan setiap sesi berlangsung setidaknya 30 menit.

Jika Anda telah menyelesaikan masalah di atas tetapi merasa mengantuk tidak nyaman, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, alergi makanan, sleep apnea, anemia, gangguan kelenjar tiroid dan amandel yang membesar juga berhubungan dengan kesulitan mengatasi kantuk setelah makan siang. .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGATASI RASA KANTUK SETELAH MAKAN"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya
Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel