Menghapus Dosa Sebelum Tidur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَالَ حِينَ يَأْوِيْ إِلىَ فِرَاشِهِ: لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَه ُلَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ، وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، سُبْحَانَ اللهِ، وَالحَمْدُ للهِ ، وَلَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ. غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوْبُهُ – أَوْ قَالَ: خَطَايَاه، شكَّ مِسْعَرٌ – وَإِن ْكَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ البَحْر)

“Apabila seorang dari kalian menuju kasurnya, dan mengucapkan ‘la ilaha illallah wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir’, subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu akbar’, maka Allah ampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih lautan di dunia ini.”

(HR. Ibnu Hibban, Ibnus Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah, dishahihkan al-Albani dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 3414)

Namun sebagai catatan, yang dihapus oleh amalan di atas adalah dosa-dosa kecil. Adapun jika seseorang melakukan dosa besar terus menerus, wajib baginya bertaubat nasuha dengan memenuhi syarat-syaratnya."

Doa sebelum tidur yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu tersebut memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

1. Menghapus dosa-dosa kecil, meski sebanyak buih lautan.

2. Menenangkan jiwa dan pikiran, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak

3. Menjaga diri dari gangguan setan dan makhluk halus.

4. Mendapatkan perlindungan Allah Subhanahu wata'ala selama tidur.

Doa ini juga memiliki makna yang mendalam, yaitu:

1. Mengikrarkan keesaan Allah Subhanahu wata'ala dan menolak kesyirikan.

2. Meyakini kekuasaan dan kebesaran Allah Subhanahu wata'ala.

3. Meminta pertolongan Allah Subhanahu wata'ala dalam segala urusan.

4. Mensyukuri nikmat Allah Subhanahu wata'ala 

5. Memuji Allah Subhanahu wata'ala atas segala kebesaran-Nya.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang makna setiap kalimat dalam doa tersebut:

La ilaha illallah wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir

Kalimat ini merupakan kalimat tauhid yang paling dasar. Kalimat ini mengandung makna bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah Subhanahu wata'ala. 

Allah Subhanahu wata'ala adalah satu-satunya yang memiliki kekuasaan dan segala pujian hanya milik-Nya. Allah Subhanahu wata'ala juga Mahakuasa atas segala sesuatu.

Subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu akbar

Kalimat ini merupakan kalimat tasbih, tahmid, dan tahlil. Kalimat-kalimat ini mengandung makna bahwa Allah Subhanahu wata'ala Mahasuci, segala puji hanya milik Allah Subhanahu wata'ala, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah Subhanahu wata'ala, dan Allah Subhanahu wata'ala Mahabesar.

Semoga kita semua dapat mengamalkan doa ini dengan istiqomah, sehingga kita dapat meraih keutamaan-keutamaan yang telah disebutkan di atas.

Wallahu a’lam.

0 Response to "Menghapus Dosa Sebelum Tidur"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak