KeIstimewaan Dzikir Pagi Dan Petang

Dalam kitab al-Wabilus Shayyib, Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah menjelaskan bahwa dzikir pagi dan petang memiliki keistimewaan yang luar biasa. 

Beliau mengatakan bahwa dzikir pagi dan petang bagaikan baju perang dari besi. Semakin bertambah ketebalannya, maka yang memakainya akan semakin jauh dari bahaya. Bahkan kekuatan baju besi itu dapat memantulkan kembali anak panah sehingga berbalik mengenai pemanahnya sendiri.

Maksud dari analogi ini adalah bahwa dzikir pagi dan petang dapat melindungi seseorang dari berbagai macam bahaya, baik bahaya yang bersifat fisik maupun non-fisik. 

Bahaya fisik misalnya seperti penyakit, kecelakaan, atau serangan musuh. Bahaya non-fisik misalnya seperti godaan setan, kesesatan, atau kemaksiatan.

Dzikir pagi dan petang memiliki kekuatan yang luar biasa karena ia mengandung unsur-unsur yang dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata'ala. 

Dzikir tersebut berisikan pujian, sanjungan, dan permohonan kepada Allah Subhanahu wata'ala. Dengan berdzikir, seseorang akan senantiasa mengingat Allah Subhanahu wata'ala dan senantiasa memohon perlindungan kepada-Nya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk mengamalkan dzikir pagi dan petang secara rutin. Dzikir ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan dilakukan dengan khusyuk dan ikhlas.

Berikut adalah beberapa contoh bacaan dzikir pagi dan petang:

1. Ayat Kursi

2. Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

3. Bacaan tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil**

4.Doa-doa perlindungan

Semoga kita semua dapat mengamalkan dzikir pagi dan petang sehingga kita senantiasa terlindungi dari berbagai macam bahaya.

0 Response to "KeIstimewaan Dzikir Pagi Dan Petang"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak