6 Jenis Cinta

Ibnul Qayyim rahimahullah telah menjelaskan tentang jenis-jenis cinta yang bermanfaat dan yang mudhorot dalam kitabnya Ighatsatul Lahfan.

Cinta yang bermanfaat adalah cinta yang membawa kebaikan bagi pelakunya, baik di dunia maupun di akhirat. Cinta yang bermanfaat ada tiga macam, yaitu:

1. Cinta Allah

Cinta ini adalah yang paling utama dan paling bermanfaat. Cinta kepada Allah adalah kecintaan yang melandasi semua cinta yang lain. Cinta kepada Allah akan mendorong seseorang untuk senantiasa beribadah dan taat kepada-Nya.

2. Cinta karena Allah

Cinta ini adalah cinta kepada sesama manusia yang didasari oleh kecintaan kepada Allah. Cinta karena Allah akan mendorong seseorang untuk berbuat baik dan saling tolong-menolong sesama manusia.

3. Cinta perkara yang membantu ketaatan kepada Allah dan menjauhi kemaksiatan kepada-Nya

Cinta ini adalah cinta kepada segala sesuatu yang dapat membantu seseorang untuk taat kepada Allah dan menjauhi kemaksiatan kepada-Nya. Cinta ini dapat berupa cinta kepada ilmu, cinta kepada orang-orang shalih, dan cinta kepada amal shalih.

Sedangkan, cinta yang mudhorot adalah cinta yang membawa keburukan bagi pelakunya, baik di dunia maupun di akhirat. Cinta yang mudhorot ada tiga macam, yaitu:

1. Cinta selain Allah dengan kecintaan yang sama kepada Allah

Cinta ini adalah cinta yang menyekutukan Allah. Cinta ini adalah cinta yang paling berbahaya dan paling merusak.

2. Cinta hal-hal yang Allah benci

Cinta ini adalah cinta kepada segala sesuatu yang dibenci oleh Allah. Cinta ini dapat berupa cinta kepada kemaksiatan, cinta kepada kesombongan, dan cinta kepada keduniaan.

3. Cinta perkara yang memutus kecintaan terhadap Allah ataupun menguranginya 

Cinta ini adalah cinta yang dapat mengurangi atau menghilangkan kecintaan seseorang kepada Allah. Cinta ini dapat berupa cinta kepada harta, cinta kepada jabatan, dan cinta kepada hawa nafsu.

Keenam macam cinta inilah yang beredar pada cinta-cinta makhluk. Setiap orang harus bisa membedakan mana cinta yang bermanfaat dan mana cinta yang mudhorot. 

Kita harus berusaha untuk mencintai hal-hal yang bermanfaat dan menjauhi hal-hal yang mudhorot.

Berikut adalah beberapa contoh cinta yang bermanfaat:

1. Cinta kepada Allah: beribadah, taat, dan bersyukur kepada-Nya

2. Cinta karena Allah: menolong orang yang membutuhkan, berbuat baik kepada sesama, dan saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran

3.Cinta perkara yang membantu ketaatan kepada Allah dan menjauhi kemaksiatan kepada-Nya: belajar ilmu agama, berkumpul dengan orang-orang shalih, dan beramal shalih

Berikut adalah beberapa contoh cinta yang mudhorot:

1. Cinta selain Allah dengan kecintaan yang sama kepada Allah: menyembah berhala, mengikuti hawa nafsu, dan meyakini adanya Tuhan selain Allah

2. Cinta hal-hal yang Allah benci: berzina, mencuri, dan memakan riba

3. Cinta perkara yang memutus kecintaan terhadap Allah ataupun menguranginya: cinta kepada harta, cinta kepada jabatan, dan cinta kepada hawa nafsu

Semoga kita dapat mencintai hal-hal yang bermanfaat dan menjauhi hal-hal yang mudhorot. Dengan demikian, kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

0 Response to "6 Jenis Cinta "

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak