Menghargai anak

Menghargai anak

Anak yang merasa dihargai akan memiliki rasa percaya diri, merasa dicintai, memiliki nilai serta berarti dalam hidupnya 

Ini akan membuatnya juga mampu menghargai orang lain dan memiliki 
rasa hormat pada orang-orang di sekitarnya.

Anak akan mampu memahami dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Orang tua tentu akan bangga memiliki anak yang seperti ini.

Anak dan perasaan bahagia

Beri apresiasi pada apa yang dilakukan anak.

Saat memuji anak sebaiknya orang tua menekankan pada hal-hal positif yang dilakukan anak.

Untuk tugas-tugas kecil, kata-kata sederhana seperti “Buku di meja kamu tertata rapi”, “Semua mainan sudah kembali ke tempatnya”, “Rasanya nyaman melihat kamarmu” semua ini akan sangat berarti bagi anak.

Apresiasi akan membangun harga diri anak

Menumbuhkan rasa percaya diri

Merasa diri berharga atau memiliki harga diri amatlah penting.

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk memperkaya penilaian diri?

Penilaian diri positif yang dirasakannya akan menumbuhkan rasa percaya diri anak.

Merasa diri berharga dan penilaian diri positif adalah faktor yang amat menentukan perkembangan jiwa anak.

Saya berharga karena

  • aku diterima seperti bagaimana diriku
  • aku dipahami apa adanya aku
  • aku dicintai karena aku patut dicintai
  • aku dihargai karena aku berharga
Bagaimana cara membuat anak menghargai aspek positif yang dimilikinya?

Lebih sering memberikan apresiasi dan tidak mudah memberikan penilaian dini atau labelling dan kritikan.

Renungkan…

Apakah sebagai orang tua sudah melakukan ini?

Satu hal mengenai anak saya yang saya suka adalah…

Sesuatu yang sudah dikerjakan anak akhir-akhir ini yang amat saya hargai tetapi tidak pernah saya ungkapkan padanya adalah…

Yang harus saya katakan untuk menunjukkan bahwa saya menghargainya adalah…

Kunci menghargai anak

1 Sebut kelebihan

Sebut kelebihan dan keunggulan potensi anak secara jujur, dengan satu atau dua kata yang sesuai dengan tingkah lakunya.

2 Dorong Anak

Dorong anak untuk menyebutkan sendiri apa kekuatan, keunggulan dan potensi dirinya berikut perasaannya.

3 Gali Prestasi

Gali tentang prestasi dan keberhasilan yang selama ini membuat dia bangga pada dirinya.

4 Tanyakan Rencana

Tanyakan apa yang akan diperbuat selanjutnya

5 Menemukan caranya

Biarkan dia menemukan caranya sendiri..

Contoh membangun harga diri anak

Contoh penghargaan yang tidak konkrit

Wah, bagus. kamu jago nulis puisi.

Ibu sebenarnya sungguh-sungguh enggak sih...

Penghargaan yang dijabarkan secara konkrit

Ibu terharu sekali membaca puisimu tentang elang.

Ibu terutama senang baris “kepakan sayap-sayap raksasa” 

Aku bisa menulis puisi bagus. Besok tulis lagi ah...

0 Response to "Menghargai anak"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak