Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup Tanpa Matahari?

Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup Tanpa Matahari?

Jika matahari lenyap, kehidupan di Bumi akan menjadi mustahil.

Hal pertama yang akan kita lihat setelah lenyapnya matahari adalah langit akan menjadi gelap. Sinar matahari terakhir akan mencapai Bumi sekitar delapan menit setelah matahari menghilang, karena itulah waktu yang dibutuhkan cahaya untuk melakukan perjalanan dari matahari ke Bumi. Setelah itu, kita hanya akan melihat cahaya samar-samar dari bintang-bintang dan planet-planet lainnya.

Hal kedua yang akan kita lihat adalah suhu akan turun secara drastis. Tanpa panas matahari, Bumi akan kehilangan panasnya karena telah memancarkan panas tersebut ke ruang angkasa. Dalam waktu seminggu, suhu rata-rata permukaan Bumi akan turun di bawah titik beku. Dalam waktu satu tahun, suhu akan merosot menjadi -100 derajat Celsius (-148 derajat Fahrenheit). Lautan akan membeku, kecuali di daerah-daerah tertentu di sekitar sumber air panas bumi.

Hal ketiga yang akan kita lihat adalah tumbuhan dan hewan akan mati. Tanpa sinar matahari, fotosintesis akan berhenti, dan tumbuhan akan layu dan membusuk. Hewan yang bergantung pada tumbuhan sebagai sumber makanan akan kelaparan, dan hewan-hewan yang bergantung pada hewan tersebut juga akan mengalami hal yang sama. Hanya beberapa mikroorganisme yang hidup di bawah tanah atau di laut yang bisa bertahan hidup dengan menggunakan energi kimia.

Hal keempat yang akan kita lihat adalah bahwa Bumi akan terlepas dari orbitnya. Tanpa gaya gravitasi matahari, Bumi akan terbang ke ruang angkasa dalam lintasan lurus. Bumi akan bertabrakan dengan planet dan asteroid lain yang dapat menabrak atau mengubah jalurnya. Pada akhirnya, Bumi akan terserap oleh lubang hitam atau terombang-ambing di dalam ruang interstellar yang dingin dan gelap.

Beberapa orang mungkin bisa bertahan hidup sementara dengan menggunakan sumber panas, cahaya, dan makanan buatan seperti reaktor nuklir, pembangkit listrik geothermal, atau pertanian hidroponik.

Namun, sumber daya ini akan terbatas dan sulit untuk dipertahankan. 

Selain itu, manusia akan menghadapi tantangan lain seperti stres psikologis, ketidakstabilan sosial, dan radiasi kosmik. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa adanya sinar matahari selama lebih dari beberapa tahun saja.

0 Response to "Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup Tanpa Matahari?"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak