Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan sallam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu dirahmati-Nya

Di kalangan masyarakat awam, bahkan di antara sebagian ilmuwan menyatakan tidak ada perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan. 

Namun kelompok ilmuwan lainnya membedakan kedua istilah ini dengan sangat teliti dan rinci. Monk, F.J, misalnya, menyatakan bahwa, 

“Pertumbuhan secara khusus dimaksudkan untuk menjelaskan ukuran-ukuran badan dan fungsi-fungsi fisik sedangkan perkembangan lebih mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang tampak.”

Sementara itu Soegarda mengatakan bahwa pertumbuhan merupakan suatu proses yang menunjukkan perubahan jasmaniyah secara otomatis, sedang perkembangan, adalah suatu proses dalam pertumbuhan yang menunjukkan adanya pengaruh dalam yang menyebabkan bertambahnya kualitas dalam pertumbuhan.

Jadi bisa dikatakan bahwa dalam pertumbuhan terjadi perubahan pada fisik, namun dalam perkembangan terjadi perubahan psikis baik karena pengaruh internal maupun pengaruh eksternal.

Perkembangan (Development)

Reni Hawadi seperti dikutip Desmita mengatakan bahwa pekembangan secara luas menunjuk pada keseluruhan proses perubahan dari potensi yang dimiliki individu dan tampil dalam kualitas kemampuan, sifat dan ciri-ciri yang baru. 

Dalam hal ini tercakup juga konsep usia, yang diawali dari saat konsepsi dan berakhir dengan kematian. Melengkapi pendapat di atas Seiffert and Hoffnung dalam Desmita menjelaskan bahwa definisi perkembangan adalah “long-term changes in a person’s growth, feelings, pattern of thinking, social relationship, motor skills bahwa perkembangan manusia diawali dari proses pembuahan sampai manusia itu mati (decay process). 

Selama masa itu manusia mengalami perubahan-perubahan yang progressif dan berkelanjutan, dari fungsi jasmani dan rohani menuju tahap pematangan dan belajar. 

Dalam hal ini Mustaqiem mengatakan perubahan tersebut meliputi penguasaan syaraf dan otot, kecakapan memahami sesuatu, pemilikan nila-nilai dan inhibisi (kemampuan mengendalikan diri). 

Pertumbuhan (Growth)

Pertumbuhan adalah suatu pertambahan atau kenaikan dalam ukuran pada bagian-bagian tubuh atau dari organisme sebagai suatu keseluruhan. 

Menurut A.E. Sinolungan seperti dikutip Desmita menyatakan bahwa pertumbuhan menunjuk pada perubahan kuantitatif, yaitu yang dapat dihitung atau diukur, seperti tinggi atau berat badan. 

Sementara itu Ahmad Thontowi menyebutkan pertumbuhan sebagai perubahan jasad yang meningkat dalam ukuran (size) sebagai akibat dari adanya perbanyakan (multiplication) sel-sel.

Dari beberapa definisi di atas bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pertumbuhan adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh atau raga seperti penambahan berat dan tinggi badan, pertumbuhan fungsi jantung, paru-paru dan lainnya. 

Pertumbuhan badan mengalami peningkatan, menetap dan selanjutnya sesuai dengan bertambahnya umur seseorang menurun kembali.

Misalnya dari merangkak, seorang bayi kemudian bisa berjalan, dan pada masa tuanya kembali hanya mampu merangkak.

Demikian Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita. terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak