Kumpulan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila


 Kumpulan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila

Kumpulan kalimat bijak ucapan selamat Hari Lahir Pancasila serta kutipan dari tokoh terkenal mengenai Pancasila. 

Tepat pada Senin (01/06/ 2020) merupakan memperingati Hari Lahir Pancasila bagi Bangsa Indonesia. Sekaligus ditetapkan sebagai hari libur nasional menurut Keppres Nomor 24 Tahun 2016. Hingga sejak tahun 2017, 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional.

Apa Itu Hari Lahir Pancasila?

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Sukarno pada 1 Juni 1945. Yakni saat kemerdekaan Negara Republik Indonesia dari penjajahan secara De Facto dan De Jure. Ditetapkan dari rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Diadakannya sidang pertama tersebut dari 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara.

Hingga pada 1 Juni 1945, Sukarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamakan Pancasila. 

Hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Sejak tahun 2017, Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari lahir nasional. Keputusan tersebut tertuang pada Keppres Nomor 24 Tahun 2016.

Banyak masyarakat menyambutnya dengan saling memberi ucapan selamat Hari Lahir Pancasila.

Anda bisa saling kirim ucapan selamat ini melalui WhatsApp, Instagram, dan sosial media lainnya.
Saat itu, Bung Karno menyampaikan pidato yang berisi dasar negara yang kemudian diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila.
Saat itu, Bung Karno menyampaikan pidato yang berisi dasar negara yang kemudian diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. (Wartakotalive.com)

5 ISI PANCASILA

Saat ini hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni sebagai salah satu hari besar nasional. Pancasila sendiri terdiri dari lima sila sesuai dengan namanya, dimana sila tersebut berbunyi:
5 ISI PANCASILA

Inilah kumpulan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila 

1. “Pancasila sebagai ideologi negara adalah sebuah simbol dari keberagaman suatu bangsa. Dimana bangsa ini layak untuk selalu dihormati oleh dunia. Darinya lahirlah kami, ya kami Indonesia. Dan kami pula Pancasila. Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2020!”

2. "Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2020. Mari amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari, memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat, cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila."

3. “Aku selalu bangga berada di sini, sebuah negara yang telah berhasil melahirkan bangsa dengan keanekaragaman yang mungkin tidak akan ditemukan pada negara lain.

Aku merasa bangga sebab perbedaan itu membuatku mengenal baik beberapa temanku dan berjalan bersama untuk menjadi lebih baik. Selamat Hari Pancasila teman-teman, semoga perbedaan ini akan selalu menjadi semangat dan motivator terhebat untuk kita.”

4. "Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020. Peringatan Lahirnya Pancasila, 1 Juni adalah momentum untuk mengembalikan spirit kebangsaan dan kenegaraan berdasarkan Pancasila."

5. “Sejatinya memang bukan hanya sekadar menghafalkan kelima sila yang ada dalam Pancasila, karena Negara tercinta ini tidak hanya membutuhkan itu saja.

Tugas kita kali ini adalah harus dapat menerapkan semua nilai yang terkandung pada setiap sila yang ada sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa.”

6. "Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan, Pancasila merajut keragaman jadi keindahan, dan Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 - 1 Juni 2020."

7. “Mari berjuang bersama menjaga kesatuan dan persatuan di atas keanekaragaman yang ada pada negara ini! Semangat! Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020.”

8. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Pancasila adalah Falsafah Kehidupan di Indonesia. Mari kita mengimplementasikan nyata nilai-nilai Pancasila."

9. “Bagaimana jadinya negara Indonesia ini tanpa kehadiran dari Pancasila? Lima sila yang terkandung di dalamnya bukan sekadar untuk kita hafalkan begitu saja, namun juga harus kita implementasikan di dunia nyata. Selamat Hari Pancasila.”

10. "Selamat Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2020. Refleksikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan untuk Indonesia yang lebih baik."

11. “Begitu miris rasanya melihat banyak sekali tikus-tikus berdasi yang sengaja memanfaatkan uang negara untuk kepentingan dirinya sendiri. Semoga di Hari Pancasila ini tidak akan ada lagi tindakan korupsi yang merajalela. Dan semua tingkah laku pribuminya selalu dalam nilai-nila Pancasila.”

12. "Mari jadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, kita dimampukan untuk semakin membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara."

13. “Selamat Hari Pancasila. Sebuah hari dimana ideologi mampu menyatukan keanekaragaman bangsa menjadi satu dan saling bersatu dalam satu kesatuan. Ya kesatuan Indonesia."

14. "Semangat dan kejarlah apa yang seharusnya dikejar. Ingat terus kawan meskipun kita berbeda namun kita akan selalu bisa menjadi negara yang terbaik dari negara lainnya. Selamat Hari Lahir Pancasila!"

15. "Sila ke tiga berisi tentang persatuan dan kesatuan. Jadi bisa disimpulkan jika pesan yang terkandung di dalamnya adalah kita harus selalu senantiasa bersatu untuk negara Republik Indonesia. Selamat Hari Pancasila!”

16. "Selamat memperingati hari lahirnya Pancasila. Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila."

17. "Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga seluruh masyarakat Indonesia bisa memaknai arti perbedaan, Bhineka Tunggal Ika Indonesia."

18. "Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia."

19. “Selalu ingatlah hari ini adalah kelahiran dari dasar negara Indonesia, sebagai salah satu landasan cita-cita dari para pejuang bangsa di masa lampau. Selamat Hari Lahir Pancasila!"

20. "Sebagai penerus bangsa, wajib untuk selalu meneruskan cita-cita dari bangsa ini. Menjadi sebuah bangsa yang terbaik di mata internasional sehingga Pancasila tidak akan pernah menjadi legenda saja untuk anak cucu kita nanti. Selamat Hari Pancasila!”

Beberapa kutipan dari berbagai tokoh 

1. "Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah." Ir Soekarno

2. "Kita tidak boleh berhenti bekerja untuk menghadirkan Pancasila." Joko Widodo

3. "Sekarang banyak prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima bilangnya. Namun bukan panca dharma, tetapi saya namakan ini dengan dengan petunjuk seseorang teman ahli bahasa, namanya ialah pancasila. Sila artinya azas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mandirikan negara Indonesia, kekal dan abadi."Ir Soekarno

4. "Pancasila bukan agama, tidak betentangan dengan agama dan tidak digunakan untuk menggantikan kedudukan agama." Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

5. "Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Indonesia, harus ditaati, harus diamalkan, harus tetap dipertahankan, dan harus dijaga kelestariannya." K.H.R. As'ad Syamsul Arifin

6. "Pancasila dan Islam adalah hal yang dapat sejalan dan saling menunjang. Keduanya tidak bertentangan dan jangan dipertentangkan." KH Achmad Shiddiq

7. "Agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak bersebrangan. Nasionalisme adalah bagian dari dari agama dan kedudukannya saling menguatkan." KH Hasyim Asy'ari

8. "Aku menyadari bahwa kami tidak dapat mendirikan bangsa kami atas dasar delklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. Pun tidak berdasarkan manifesto komunis. Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali tradisi kami jauh sampai kedasarnya dan keluarlah aku dengan lima butir mutiara yang indah." Ir Soekarno

9. "Perilaku Pancasila adalah mempersatukan, bukan memisahkan. Kita semua Pancasila, Kita semua Indonesia." Zulkifli Hasan

10. "Pancasila itu ideeologi bangsa dan negara. Ideologi semua untuk semua, bukan golongan tertentu saja. Ideologi kita yang satu dan mempersatukan kita yang berbeda-beda." M. Hanif Dhakiri

11. "Kita boleh berbeda pendapat, namun untuk kepentingan bangsa, kita harus bersatu! Selamat Hari Lahir Pancasila." Sandiaga Uno

12. "Pancasila tuh dasarnya sila 1-3, tujuannya sila 5, cara untuk mencapainya sila 4." Sujiwo Tejo

13. "Pancasila dalam kedudukannya sebagai idiologi Negara mampu mempersatukan berbagai kalangan baik yang agamis, nasionalis, sosialis, serta kalangan lainnya dalam mimpi kolektif untuk mewujudkan sebuah Indonesia yang terbayangkan." Butet Kertaredjasa

14. "Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan." Pramoedya Ananta Toer

Itulah yang kami sampaikan pada tulisan ini. Berharap kita dapat menghapalkan dan mengetahui isi dan lambang dari isi pancasila. Tidak hanya itu, juga maknanya yah. Pancasila sebagai pedoman pentingan dalam berbangsa dan bernegara Indonesia. Mari Kita tanamkan di hati dan di pikiran kita isi dari teks pancasila agar terhindar dari pengrusak bangsa.

Yah itu saja, semoga sejarah singkat pancasila, tokoh, isi pancasila dapat dimengerti. Tidak hanya itu saja contoh dari ucapan hari lahir pancasila diatas pun bisa Anda gunakan untuk meramaikan hari lahir pancasila.

Referensi

Berbagai sumber

0 Response to " Kumpulan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak