Aplikasi 10 Rumah Aman Agar Betah di Rumah


Pemerintah meluncurkan sejumlah aplikasi untuk membendung penyebaran corona. Aplikasi 10 Rumah Aman bisa menjadi teman agar Anda tetap betah di rumah.

Pagebluk corona masih belum reda. Sejak ditemukan kasus pertama di Indonesia pada awal Maret lalu, hingga saat ini tren orang yang terpapar masih terus melonjak. Berdasarkan data Covid19.go.id, hingga Kamis (7/5/2020) kasus positif corona mencapai 12.776 orang.

Sejak kasus terus meningkat, pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan. Di antaranya para karyawan (negeri dan swasta) agar menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Pemerintah juga mengeluarkan aturan dunia pendidikan menerapkan aturan belajar dari rumah.

Sebulan lebih aturan itu berlaku. Kadang ada rasa jenuh berlama-lama di rumah, walau di rumah kita juga melakukan aktivitas. Agar tetap betah di rumah, Rabu (1/4/2020), Kantor Staf Presiden bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman.

Aplikasi berbasis komunitas ini diharapkan dapat menciptakan efek berantai dalam memutus penyebaran Covid-19. "Aplikasi 10 Rumah Aman bisa diterapkan dengan cepat, di mana saudara-saudara kita yang selama ini sulit untuk di rumah saja dapat terbantu untuk berada di rumah. Kemudian secara bersama kita mengalahkan Covid-19," kata Kepala KSP, Moeldoko.

Aplikasi 10 Ruman Aman ini sudah bisa diunduh di PlayStore. Aplikasi 10 Rumah Aman menghadirkan toko daring yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti Rego Pantes dari 8Villages, Sayur Box, dan TaniHub.

Konsultasi Kesehatan

Selain itu, ada juga aplikasi konsultasi kesehatan dari Prixa, aplikasi edutech dari Cakap, aplikasi donasi Wahid Foundation, obat-obatan dan alat kesehatan seperti Kimia Farma, Mediv-Kimia Farma, Alfa Group, Alfamind, dan DAV. Aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, GoodDoctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia, dan KlikDokter.

Melalui aplikasi ini, masyarakat juga dapat mengukur suhu tubuhnya sendiri. "Bisa memeriksa kesehatan secara mandiri dan memantau daerah atau masyarakat mana yang memiliki potensi penyebaran Covid-19, melalui pantauan suhu tubuh agar dapat menghindari daerah tersebut,” kata Menkominfo Johny G Plate.

Aplikasi 10 Rumah Aman ini menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan terhubung dengan platform media sosial.

Aplikasi ini juga akan memastikan masyarakat tetap berada di dalam rumah, baik itu bekerja, belajar, maupun beribadah serta saling mengingatkan dan menjaga agar selalu dalam keadaan sehat dengan menjaga jarak aman.

Untuk mengggunakan aplikasi ini, Anda cukup mengunduh dari Play Store. Jika Anda sudah mengunduh aplikasi ini, di bagian beranda ada ajakan untuk menjadi ‘Pejuang Aman’. Nanti Anda akan diminta registrasi. Di situ nanti Anda akan diminta mengisi beberapa form.

Selain itu juga ada menu info untuk kesehatanmu. Di bagian ini ada sub menu Periksa Kesehatanmu di sini; Pantau Peta Suhu Tubuh di Sekitarmu; Nomor Darurat/Hotline Covid-19; dan Daftar Rumah Sakit Rujukan.

Ada juga menu Seputar Covid-19. Di menu ini ada beberapa sub menu: Kenali Covid-19; Tetap Postif; Physical Distancing; Demam Covid-19; Terhindar Risiko; dan Perlengkapan Pejuang.

Di bagian akhir ada menu Lainnya. Di sini sub menu: Cek Kesehatanmu; Whatsapp Covid-19; dan Unduh Stiker 10 Rumah Aman.

Sumber: indonesia.go.id

0 Response to "Aplikasi 10 Rumah Aman Agar Betah di Rumah"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak