APAKAH TELUR MENTAH BERMANFAAT BAGI KESEHATAN


Banyak orang yang sengaja mengonsumsi telur mentah. Selain digunakan sebagai campuran herbal, telur mentah terkadang dapat dimakan langsung atau ditambahkan ke jenis makanan tertentu. Konsumen menganggap telur mentah bermanfaat bagi kesehatan. Apakah anggapan ini benar?

Telur mentah sebenarnya sering digunakan sebagai campuran untuk persiapan berbagai jenis makanan, seperti adonan kue atau persiapan krim atau saus makanan. Keberadaan telur mentah ini bisa membuat adonan melebar, lebih lembut dan lebih tebal. Hanya saja, karena ada beberapa adonan yang belum dimasak, jadi ketika Anda memakannya, Anda makan telur mentah.

Selain itu, banyak orang menyiapkan telur mentah dengan mencampur minuman tradisional jahe, madu, dan susu-telur . Bahkan, beberapa atlet berpikir bahwa telur mentah yang dicampur dengan protein shake akan meningkatkan stamina.

Faktanya, para ahli kesehatan mengatakan bahwa telur mentah mengandung vitamin, mineral, lemak, dan antioksidan yang jauh lebih tinggi daripada yang telah dimatangkan, tetapi itu tidak berarti kita dapat makan telur mentah dengan aman.Sebenarnya, protein di dalam telur mentah lebih sulit diserap oleh tubuh.

Asumsi bahwa telur mentah dapat memberikan jumlah protein yang lebih tinggi dapat dianggap tidak tepat. Ini disebabkan oleh kondisi mentahnya yang membuat tubuh sulit untuk menyerap protein. Meskipun ada lebih banyak protein, ini pasti akan sia-sia karena hanya sedikit protein yang dapat diserap.

Fakta bahwa tubuh lebih banyak menyerap protein yang ada di dalam telur matang. Jumlahnya bisa mencapai 90 persen. Jika kita makan telur mentah, hanya 50 persen protein di dalam telur yang akan diserap.Selain protein, penyerapan biotin juga tidak maksimal

Selain protein, para ahli kesehatan mengatakan bahwa proses penyerapan biotin atau vitamin B7 tidak optimal jika kita mengonsumsi telur mentah. Ini disebabkan oleh sifat vitamin ini yang larut dalam air. 

Selain itu, keberadaan protein avidin dalam putih telur mentah dapat menyebabkan biotin berikatan dengan protein dan akhirnya tidak dapat diserap oleh tubuh.Jika kita memasak telur, kandungan protein avidin ini akan hancur dan, akhirnya, biotin akan lebih baik diserap.

Makan telur mentah meningkatkan risiko infeksi bakteri

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa cinta makan telur mentah meningkatkan risiko infeksi bakteri salmonella. Sebagai informasi, bakteri ini mudah ditemukan di berbagai produk hewani seperti daging, telur, dan susu mentah. Jika memasuki tubuh, risiko mengalami gangguan pencernaan akan meningkat.

Berikut adalah data tentang risiko infeksi bakteri salmonella jika Anda makan telur mentah.

Bakteri ini bisa ditemukan di dalam cangkang telur

Pakar kesehatan menyebut cangkang telur mentah rentan terpapar bakteri salmonella yang berasal dari ayam yang menelurkannya atau dari proses penyimpanan dan distribusi telur yang kurang higienis. 

Jika kita makan telur mentah, dikhawatirkan isi telur bisa terpapar bakteri ini dan akhirnya kita pun mengonsumsi bakteri tersebut.

Gejala infeksi bakteri salmonella

Jika sampai kita terinfeksi bakteri salmonella, biasanya gejalanya akan muncul sekitar 6 jam atau tiga hari setelah makan telur mentah. Gejalanya bisa berupa nyeri perut, mual-mual, diare, demam, sakit kepala parah, hingga dehidrasi.

Melihat fakta ini, sebaiknya memang kita memasak telur terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Itulah penjelasan telur dapat dimakan mentah atau tidak terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

0 Response to "APAKAH TELUR MENTAH BERMANFAAT BAGI KESEHATAN"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak