MAAFKAN PASANGANMU SEBELUM TIDUR MALAM INI

MAAFKAN PASANGANMU SEBELUM TIDUR MALAM INI

Sebuah penelitian di tahun 2016 yang dipublikasikan dalam Journal of Health Psychology, mengungkapkan fakta menarik.

Mereka yang selama masa hidupnya menyimpan dendam dan tidak mau memaafkan kesalahan orang lain, cenderung memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih buruk serta mengalami tingkat stres yang tinggi dan berkepanjangan. 

Sementara orang-orang yang sangat pemaaf baik terhadap diri mereka sendiri maupun orang lain cenderung memiliki kepribadian lebih menarik, kuat, terhindar dari stres dan gangguan mental sepanjang hidupnya.

Penelitian dari Medical College of Georgia tahun 2014 mendapatkan temuan, orang-orang yang mengaku memiliki dendam selama bertahun-tahun, telah mengalami peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, hipertensi, maag, sakit kepala dan bahkan sakit punggung.

Psikolog klinis dr. Seth Meyers, PsyD mengungkapkan, "Banyak studi menunjukkan bahwa menyimpan dendam serta senantiasa berperasaan negatif berakibat buruk bagi kesehatan mental Anda seperti gangguan kecemasan dan frustasi. 

Justru dengan memberi maaf perasaan kita jadi tidak stres. Selama ini dianggap dendam hanya ada di pikiran dan mental kita tetapi tubuh kita pun akan terpengaruh."

Berbagai studi ilmiah telah menunjukkan betapa dahsyat pengaruh memaafkan dalam kehidupan seseorang. Dalam memaafkan tersimpan kekuatan. 

Orang yang mudah memaafkan bukanlah orang yang lemah. Justru mereka adalah orang-orang kuat yang sanggup memaafkan kesalahan banyak orang. 

Dalam memaafkan tersimpan manfaat kesehatan, bukan hanya kesehatan mental, namun juga kesehatan badan. Dalam memaafkan terkandung kebahagiaan. Semakin pandai memaafkan, semakin mudah mendapat kebahagiaan.

Jadi, masih ingin menjadi pendendam? Bukankah semua orang bisa melakukan kesalahan? Bukankah Allah menyuruh kita untuk selalu memaafkan kesalahan orang? 

Jika orang pada umumnya saja kita maafkan, mengapa pasangan hidup sendiri justru tidak dimaafkan?

So, berhentilah menjadi pendendam. Capek deh jadi pendendam. Hidup tak pernah tenteram.

✍🏻 Ustadz Cahyadi Takariawan

0 Response to "MAAFKAN PASANGANMU SEBELUM TIDUR MALAM INI"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak