BOLEHKAH LELAKI MENYAMPAIKAN ILMU DAN NASEHAT DIHADAPAN PARA WANITA

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

LELAKI MENYAMPAIKAN ILMU DAN NASEHAT DIHADAPAN PARA WANITA 

Pertanyaan:

Wahai Syeikh, apakah boleh bagi lelaki berdiri dihadapan para wanita untuk menyebarkan agama (berceramah dll)? 

Apakah boleh bagi lelaki berkhalwat dengan wanita demi membimbingnya ke jalan yang lurus?

Jawaban:

Tidak boleh bagi lelaki berkhalwat dengan wanita jika dia bukan mahramnya meskipun untuk menyampaikan ilmu, meskipun untuk amar makruf dan nahi mungkar; karena nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: 

"janganlah lelaki berkhalwat dengan wanita kecuali bersama yang memiliki mahram", jika lelaki berkhalwat dengan wanita maka syaitan adalah yang ketiganya, dia akan membisik keduanya dengan bisikan-bisikan yang membawa kepada perbuatan keji - wal iyadzu billah -.

Adapun jika berdirinya lelaki di hadapan para wanita dalam perkumpulan tanpa ada larangan syar'i demi menyampaikan ilmu maka ini tidak mengapa, tetapi dengan syarat seseorang itu aman terhadap dirinya dan dia aman, tetapi pada seperti keadaan ini jika permasalahannya adalah secara resmi dipasang pemisah antara lelaki dan wanita, hingga para wanita dalam kelapangan dan seseorang dari mereka tidak terfitnah dengan lelaki ini.

Saya katakan: bahwa tidak sepantasnya lelaki bertugas mengajari para wanita kecuali ketika darurat, adapun jika tidak darurat maka yang bertugas mengajari para wanita adalah wanita. 

Dan demikian pula yang bertugas mengajari para lelaki adalah lelaki, karena syariat mensasarkan kepada dijauhkan para wanita dari para lelaki dan dari berikhtilat dengan mereka. 

Tidakkah engkau melihat wanita jika dia shalat berjamaah di masjid maka wajib atasnya bersendiri keluar dari saf para lelaki dan dia tidak boleh satu saf bersama lelaki sebagaimana yang telah berlaku sunnah dari nabi صلى الله عليه وسلم. 

Telah tetap dari beliau صلى الله عليه وسلم bahwa beliau bersabda: "sebaik-baik saf para wanita adalah yang paling akhirnya dan yang paling buruknya adalah paling awalnya". 

Ini semua menunjukkan bahwa syariat mensasarkan kepada harus jauhnya para lelaki dari wanita dan tidak boleh ikhtilat dengan mereka. 

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "BOLEHKAH LELAKI MENYAMPAIKAN ILMU DAN NASEHAT DIHADAPAN PARA WANITA"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak