Makanan Khas Indonesia yang Terbuat dari Singkong


Singkong merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang bahnya berada di dalam tanah , singkong merupakan sumber karbohidrat yang  baik untuk tubuh dan sangat digemari masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun dewasa. 

Dibandingkan dengan nasi singkong mepunai kandungan karbohidrat yang tinggi, sebagai menu utama makanan orang Indonesia. Selain itu singkong juga mengandung protein, lemak, mineral vitamin B, vitamin K, serat dan merupakan bahan makanan dengan kandungan kalori yang sangat tinggi. Kandungan kalori yang tinggi di dalam singkong membuat singkong lebih lama saat dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lapar. 

Ada banyak varian makanan dari olahan singkong, bahkan sudah menjadi makanan khas daerah. Singkong sendiri bisa dinikmati dengan cara dikukus ataupun digoreng. Penyajiannya pun cukup mudah membuat singkong bisa dijadikan makanan penghalau rasa lapar favorit.

Berikut ini ada beberapa makanan olahan dari singkong:

1. Getuk








Getuk  merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya. Camilan yang satu ini sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk dikenal dengan dua macam, yakni getuk biasa dan getuk lindri. Perbedaanya adalah berdasarkan warna bentuk dan tekstur tampilannya.

2. Cenil







Cenil atau yang lebih dikenal dengan cetil merupakan makanan ringan berbahan olahan yang terbuat dari pati singkong. Makanan ini bentuknya bulat-bulat kecil atau kotak, lalu diberi warna yang sesuai selera . Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi dengan gula pasir.

3. Sawut








Sawut atau pasrah merupakan salah satu jajanan pasar yang berasal dari Yogyakarta. Camilan ini terbuat dari parutan  singkong sedikit kasar yang dicampur dengan gula jawa kemudian dikukus. Soal rasa, Sawut menghadirkan perpaduan manis dan gurih karena diberi parutan kelapa di atasnya

4. Tape








Tape adalah makanan olahan singkong yang difermentasi, antara singkong dengan ragi. Tape ini  sangat mudah ditemukan di sebagian besar wilayah Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Di Indonesia sendiri, tape singkong sangat populer. Tape singkong  ini bahkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah anemia, mengeluarkan racun dari tubuh, mengontrol tekanan darah, dan baik untuk pencernaan serta nutrisi bagi tulang dan sendi juga memelihara otot dan saraf.

Tapai singkong, yakni tape yang terbuat dari bahan dasar singkong. Jenis tapai ini biasanya dibuat untuk dijual, kebanyakan berupa industri rumah tangga. Tapai singkong yang populer berasal dari daerah Bandung (banyak dijajakan di Jalan Raya Padalarang di wilayah Cipatat), dan jika di Jawa Timur, dari daerah Bondowoso.

5. Tiwul












Tiwul atau Nasi Tiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari.


Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang dan sekarang tiwul dibuat jadi tiwul instan.

Dari Kebumen, Banyumas dan Cilacap dikenal penganan serupa yang disebut oyek. Meskipun sama-sama berasal dari gaplek, kedua jenis makanan ini berbeda dalam proses pembuatannya, sehingga rasanya pun sedikit berbeda.

6. Keripik






.








Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebgai bumbu balado. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa  Siapa yang tidak mengenal makanan olahan singkong yang satu ini? 

7. Timus









Timus menjadi salah satu makanan camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran olahan singkong yang diparut, kelapa parut dan gula merah, dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, makanan ini dikenal dengan nama lemet. Berbeda dengan Jawa Barat, cara masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan mengolah Timus adalah dengan cara digoreng dan berbahan dasar ubi. Sementara masyarakat Sunda dan Betawi menyebut makanan serupa sebagai bola ubi.

8. Combro/Misro










Combro dan Misro memang berbahan dasar olahan singkong yang diparut, Combro merupakan akronim dari Oncom di jero yang berarti camilan ini dibuat dari tumisan oncom dan daun bawang bercita rasa pedas yang dibalut dengan adonan singkong. Sementara Misro merupakan akronim dari Amis dijero yang berarti camilan ini dibuat dari gula merah atau gula aren di dalamnya dan rasanya tent manis.

9. Cimplung









Cimplung, merupakan Olahan Singkong Khas Banyumas yang Legit. Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Banyumas terkenal dengan banyak wisata alamnya yang indah. Tak heran, Banyumas menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.Tak hanya memiliki wisata alam yang memukau, Banyumas juga memiliki banyak makanan khas yang lezat dan unik. Salah satunya adalah cimplung atau singkong mandi gula.

Itulah beberapa makanan tradisional olahan singkong khas Indonesia. Terima kasih Sabilslow Selamat mencicipi

0 Response to "Makanan Khas Indonesia yang Terbuat dari Singkong"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak