PENGERTIAN SISTEM OPERASI


SABILISLOW-Pengertian sistem Operasi. Menurut bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: 

Operating system atau OS adalah suatu perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, sistem operasi adalah suatu perangkat lunak dari lapisan pertama yang ditempatkan di dalam memori komputer. 

Ketika perangkat lunak lain berjalan dan setelah sistem operasi berjalan, sistem operasi akan menyediakan layanan umum sebagai layanan dasar untuk perangkat lunak tersebut. 

Layanan dasar umum ini seperti akses disk, manajemen memori, tugas penjadwalan, dan antarmuka pengguna. 

Dengan demikian, setiap perangkat lunak tidak perlu melakukan tugas-tugas utama ini karena dapat diservis dan dijalankan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas utama dan umum disebut "kernel" sistem operasi.

Sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

Keluarga Microsoft Windows, yang mencakup Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98 dan Windows ME) dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0). Windows 2000, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) dirilis pada 2009 dan Windows Orient dirilis pada 2014)).

Keluarga Unix menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga Berkeley Software Distribution (BSD), GNU / Linux, MacOS / X (berdasarkan kernel BSD yang dimodifikasi bernama Darwin) dan GNU / Hurd .

Mac OS adalah sistem operasi komputer Apple, umumnya dikenal sebagai Mac atau Macintosh.

Sedangkan Mainframe dan Super komputer menggunakan banyak sistem operasi yang berbeda, biasanya berasal dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP / UX, dan lainya.

Itulah pengertian sistem operasi utama yang digunaka di komputer dan sekarang ini mulaih beralih kesistem operasi berbasis  Mobile yang sangat terkenal dan mendunia yaitu Android atau semartphone dan iOS atau iphone.Terima kasih telah berkunjung Salam Hangat Sabilislow.

0 Response to "PENGERTIAN SISTEM OPERASI "

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak