Amalan Istimewa Pada hari Arafah

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Amalan Apa Saja yang Istimewa Pada Hari Arafah?

Hari Arafah adalah hari ke 9 pada bulan Dzulhijjah dimana para jamaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah hingga matahari terbenam.

Ada banyak keistimewaan dan peristiwa penting yang berlangsung pada hari Arafah. Antara lain Allah menyempurnakan syariat-Nya dan telah meridhai Islam sebagai agama yang paling sempurna.

Allah berbangga pada hari Arafah kepada para malaikat-Nya dimana hamba-Nya menghadap kepada-Nya dalam pelaksanaan wukuf di Arafah.

Pada hari Arafah Allah banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka dan hari Arafah termasuk sepuluh hari pertama Dzulhijjah yang tidak ada amalan saleh yang paling Allah cintai melebihi hari-hari tersebut.

Lalu amalan apa yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari yang agung tersebut?

1). PUASA ARAFAH 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

يكفر السنة الماضية والباقية 

“(Puasa pada hari Arafah) menggugurkan dosa-dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya.” (HR. Muslim 1162)

Al-Imam An-Nawawi berkata bahwa Asy-Syafii dan ash-hab menganjurkan puasa pada hari Arafah bagi orang yang tidak wukuf. Sedangkan bagi yang wukuf dianjurkan berbuka sebagaimana yang ditunjukkan oleh hadits Ummul Fadhl." (Al-Majmu' 6/428)

2). BERTAKBIR

Baik takbir mutlak yang tidak terikat waktu dilafalkan dalam setiap keadaan seperti yang dicontohkan Ibnu Umar dan Abu Hurairah maupun takbir muqayyad yang terikat waktu dilafalkan setiap selesai shalat fardhu dimulai dari sejak shalat shubuh hari Arafah hingga shalat ashr akhir hari tasyriq sebagaimana riwayat Ali bin Abi Thalib.

3). MEMPERBANYAK AMALAN SALEH

Amalan saleh dan kebaikan secara umum karena termasuk hari-hari yang paling Allah cintai dari sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. (HR. Al-Bukhari 969, Abu Dawud 2438, At-Tirmidzi 757)

Banyak beramal tentunya dengan tetap memperhatikan kualitas amalan, itu yang paling penting.

4). BANYAK DOA DAN MEMOHON AMPUNAN

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

خير الدعاء دعاء يوم عرفة

"Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah." (HR. At-Tirmidzi 3585 dihasankan Syaikh Nashir "Shahih At-Targhib" 1536)

Ibnu Umar ditanya, "Apakah ampunan di hari Arafah hanya berlaku bagi yang sedang wukuf ataukah bagi semua orang?  

Beliau menjawab, "BAHKAN BERLAKU UNTUK MANUSIA SELURUHNYA.” (Latha'iful Ma’arif 1/282) 

Perbanyak doa kebaikan dan mohon ampunan kepada Allah pada hari Arafah hingga matahari terbenam. Dikatakan sebaik-baik doa karena doa yang terbaik di sisi Allah dan paling cepat pengabulannya.

5). BERDZIKIR 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

وخير ما قلت أنا والنبيون من قبلي : لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير

"Dan sebaik-baik yang aku ucapkan dan diucapkan para Nabi sebelumku adalah "Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah, lahul mulku, wa lahul hamdu, wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir" 

(Tidak ada yang berhak diibadahi selain Allah semara, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kerajaan semesta dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu)." (HR. At-Tirmidzi 3585 dihasankan Syaikh Nashir "Shahih At-Targhib" 1536)

Manfaatkan kesempatan terbaik ini dengan sebaik-baiknya. 

Semoga Allah memudahkan kita untuk beramal saleh, menerima amalan kita, mengampuni dosa kita dan menjauhkan kita dari kejelekan-kejelekan dunia dan akhirat, aamiin.

0 Response to "Amalan Istimewa Pada hari Arafah"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak