Cara Mendapatkan Beras yang Berkualitas

Untuk mendapatkan beras yang berkualitas baik memang tidak mudah. Terlebih lagi dalam membedakannya mana beras yang memang mengandung zat pemutih dan mana yang aman untuk kita dikonsumsi. 

Ada beberapa hal yang harus dan perlu untuk dipertimbangkan yakni kita lihat mulai dari tekstur, bau, warna dan lain sebagainya. 

beras

Berikut ini ada beberapa tips yang wajib dilakukan supaya kita mendapatkan beras yang berkualitas, baik dan juga sehat :

1. Perhatikan Warna Beras

Mengingat kini sudah banyak beredar beras yang dicampur dengan berbagai bahan pemutih. Maka kita wajib memperhatikan warna beras sangat penting 

Supaya bisa benar-benar mendapatkan beras yang aman dari pemutih dan tentu menyehatkan. Warna beras yang berkualitas sebenarnya bukanlah jenis beras yang warnanya terlalu putih. 

Karena bisa jadi warna beras tersebut memiliki kandungan zat pemutih. Sebaiknya, pilih warna beras yang memiliki warna bening dengan sedikit kekuningan.

2. Perhatikan Tekstur Berasnya

Dari tekstur berasnya, bisa melihat apakah beras tersebut tepat atau tidak untuk dikonsumsi. Beras yang berkualitas memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan. 

Sebaliknya, beras yang ketika ditekan mudah sekali hancur, itu menunjukkan bahwa beras tersebut sudah tidak layak konsumsi. 

Pilihlah beras yang kuat dan kokoh dengan cara menekan sampel dari berasnya yang ada.

3. Pilih Beras yang Tidak Menempel saat Diremas

Beras yang menempel di tangan pada saat diremas menunjukkan bahwa beras tersebut memiliki kandungan zat pelicin. 

Hal ini disebabkan karena kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan masalah pada tubuh seseorang, tidak layak untuk di konsumsi.

4. Amati Penampakan Berasnya

Lihat tekstur dan penampakan beras tersebut secara teliti. Apabila pada tekstur berasnya terdapat tekstur beras yang panjang atau tidak. 

Selain itu, lihat juga apakah di tangan Anda terdapat bekas seperti tepung atau tidak. Jika kedua tanda tersebut ada, maka itu menandakan bahwa berasnya sudah berumur tua kurang baik bila kita konsumsi.

5. Pastikan Berasnya Tidak Terdapat Kutu

Pada umumnya, beras yang terdapat kutu menandakan bahwa beras tersebut sudah berumur lama. Dan beras yang usianya sudah lama, tentu saja tidak bersih dan kurang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, beras yang berkutu sebenarnya juga ada sisi positifnya. Karena itu tidak terdapat bahan atau zat kimia. Ada kalanya juga jenis beras yang baru berkutu karena terkontaminasi oleh beras yang lama.

6. Cium Aroma Beras

Saat ini, di pasaran sudah banyak beredar jenis beras yang mengandung pewangi buatan. Beras yang mengandung pewangi buatan umumnya menimbulkan bau yang sangat wangi.  

Apabila saat dicium beras tersebut menimbulkan aroma bau apek, maka itu menandakan bahwa berasnya sudah berusia lama. 

Sedangkan beras yang terlalu lama rasanya kurang enak. Selain itu, berasnya juga mudah busuk ketika dimasak. 

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih beras yang aromanya wangi yang normal dan tidak berbau apek.

7. Gigit Berasnya untuk Menguji Kualitas Berasnya

Beras yang memiliki kualitas baik, ketika digigit tidak mudah rapuh dan cenderung keras. Dan beras yang seperti ini sangat baik untuk kencing manis. 

Selain itu, saat dikonsumsi juga memiliki rasa yang enak dan pulen.

8Pilih Beras yang Bersih dan Tidak Bercampur Kotoran

Beras yang bersih adalah beras yang tidak mengandung kotoran apapun. Baik itu kotoran berupa batu, gabah atau kotoran-kotoran yang lain. Karena beras yang bersih kesehatannya lebih terjamin. Rasa beras pun juga akan semakin enak

Demikian cara untuk Memilih beras yang berkualitas Baik Sehingga Aman bagi tubuh kita Saat dikonsumsi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita.

0 Response to "Cara Mendapatkan Beras yang Berkualitas"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak