Makanan Khas Jawa Tengah

Saat Anda berkunjung ke suatu daerah, entah untuk urusan pekerjaan atau sekadar menyegarkan diri atau rekreasi bersama kelurga, mencoba makanan khas yang ada di daerah yang Anda kunjungi merupakan hal  yang patut dilakukan. 

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang sangat menggugah selera. Anda yang suka dengan wisata kuliner dan pecinta kuliner tentu akan sangat senang dan juga terhibur .

Diantara daerah yang memiliki cukup banyak pilihan makanan khas Jawa Tengah. Salah satu provinsi di Pulau Jawa ini menawarkan banyak sekali makanan khas yang lezat dan patut untuk dicoba bagi pecinta kuliner. 

Cukup banyak makanan khas Jawa Tengah yang bisa menjadi daftar makanan favorit Anda. Dengan ragam makanan khas yang tersedia, tentu Anda akan memilih makanan mana yang ingin Anda santap. Berikut beberapa makanan khas Jawa Tengah terbaik untuk Anda coba berikut:

1. Mendoan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan camilan yang satu ini? Mendoan masuk dalam salah satu gorengan paling terkenal di Indonesia.

Sebenarnya, gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya, awalnya, makanan khas Jawa Tengah ini banyak ditemukan di daerah Purwokerto dan Banyumas.

Di daerah tersebut, mendoan memang disebut dengan nama yang berbeda, salah satunya adalah tempe kemul.

Jika Anda berkunjung ke daerah ini, maka akan banyak penjual mendoan yang menjajakan dagangannya. Bahkan, ada produksi tempe khusus untuk mendoan yang siap pakai. Sangat menarik.

2. Getuk

Anda tentu sudah kenal dengan makanan ini? Memang, getuk sudah banyak ditemukan di berbagai daerah, bahkan di luar Jawa Tengah. Awalnya, makanan ini muncul di daerah Jawa Tengah sehingga menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah hingga sekarang.

Pada mulanya, getuk muncul dengan warna putih saja. Namun, kini, camilan dengan bahan dasar singkong ini muncul dengan beragam variasi yang berbeda. Dengan  tambahan kelapa parut memiliki rasa yang cukup manis dan sangat gurih cocok untuk camilan bersama dengan teh hangat.

3. Getuk Goreng

Iini adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sangat terkenal dan menjadi legenda. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang getuk goreng? Getuk memang pada dasarnya dilakukan dengan cara di kukus. Namun, getuk dari Sokaraja Banyumas ini memiliki cara yang unik.

Getuk yang dibuat dari singkong dan campuran gula ini akan digoreng untuk disajikan. Ada kesan kering dari makanan ini. Saat menikmati, salah satu makanan khas Jawa Tengah akan terasa begitu gurih dan manis. Anda pasti akan menikmati.

4. Jenang Kudus

Jawa Tengah punya jenang dodol yang unik. Salah satu makanan khas ini muncul di daerah Kudus. Secara sekilas, jenang Kudus memiliki detail yang sama dengan dodol Garut. Hanya saja, camilan ini dibungkus dengan ukuran kecil menggunakan plastik bening.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk camilan ini di kudus karena banyak toko oleh-oleh yang menyediakannya. Selain itu, jenang Kudus juga sudah mulai menyebar di berbagai daerah lain dan menjadi salah satu ikon makanan khas Jawa Tengah yang istimewa.

5. Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas dari Jawa Tengah yang dapat dianggap sebagai panganan tradisional. Makanan khas Jawa Tengah ini sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Camilan ini dibuat dari singkong yang diolah dan ditambah dengan parutan kelapa muda. Nah, tiwul cukup mudah ditemukan di daerah Wonogiri.

6. Serabi Notosuma

Serabi adalah salah satu makanan yang sangat terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak. Serabi masih banyak ditemukan di mana saja, Jawa Tengah memiliki salah satu serabi yang unik dan patut untuk Anda coba serabi Notosuman.

Serabi ini menjadi makanan khas Jawa Tengah yang sangat terkenal. Serabi ini dibuat dengan bahan tepung beras, santan, gula, daun pandan dan garam.

Apa yang menarik dari serabi ini adalah cara mengolahnya masih sangat sederhana dan tradisional namun menghasilkan cita rasa serabi yang khas dan membuat ketagihan.

7. Sroto Purbalingga

Salah satu makanan khas yang unik dan cocok untuk wawasan kuliner Anda adalah sroto Purbalingga. 

Makanan ini sebenarnya adalah olahan soto daging biasa. Apa yang menarik dari menu soto ini adalah tambahan kerupuk putih dan taburan kacang pada menu soto yang dihidangkan.

8. Lumpia Semarang

Lumpia adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal. Asal makanan memang dari Semarang sekarang sudah banyak menyebar di daerah lain.

Camilan khas ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang dirancang menjadi kulit . Setelah itu, kulit ini akan membungkus beberapa pilihan lumpia, seperti sayuran, udang, telur dan ayam. Menikmati lumpia yang hangat lengkap dengan cabai rawit yang pedas pasti akan sangat menggugah selera.

9. Tahu Petis

Tahu petis adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang juga cukup terkenal dan populer di berbagai masyarakat. Seperti namanya, makanan khas ini adalah paduan dari tahu dan petis. Biasanya, makanan ini dibuat sebagai makanan lezat untuk pertemuan atau diambil menikmati waktu luang.

Makanan ini dibuat dengan bahan dasar tahu pong. Setelah itu, tahu digoreng hingga cukup kering. Kemudian, dalam penyajiannya, tahu akan disiram dengan saus petis yang berwarna hitam. Selain disiram, beberapa penjual makanan khas Jawa Tengah ini menggunakan petis sebagai isian tahu. 

10. Telur Asin

Telur asin memang cukup mudah ditemukan di berbagai daerah, bahkan di luar Jawa Tengah sekalipun. Makanan ini dibuat khusus dengan bahan dasar telur bebek yang sudah diproses lebih dulu.

Telur asin adalah makanan khas Jawa Tengah. Telur asin berasal dari daerah Brebes, Jawa Tengah. Daerah ini menjadi sentra penghasil telur asin terbesar di Jawa Tengah. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Brebes tanpa membeli telur asin khas daerah tersebut.

11. Enting-Enting Gepuk

Enting-enting adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup populer. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa dan dipadatkan. Rasa kacang dan manis dari gula menyatu dengan sangat sempurna yang membuat camilan ini terasa begitu nikmat.


Makanan khas Jawa Tengah ini berasal dari daerah Salatiga. Kini Anda sudah cukup mudah dipilih. Hal ini karena enting-enting sudah tersebar di berbagai daerah dan biasanya di toko oleh-oleh.

12. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang menawarkan rasa yang khas. Berasal dari Pati, nasi gandul bisa menjadi menu makan siang atau makan malam yang sangat nikmat, sebelum untuk Anda yang suka dengan kuliner pedas.

Apa yang menarik dari menu nasi ini adalah rasa gurih yang begitu kental hadir dalam setiap bulir nasi yang Anda makan. Selain itu, menu ini dilengkapi dengan daging sapi, telur dan disiram dengan kuah pedas yang akan menambah selera.

13. Nasi Liwet

Menu nasi lain yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berada di Jawa Tengah adalah nasi liwet. Salah satu makanan khas Jawa Tengah ini berasal dari daerah Solo dan sudah sangat terkenal di berbagai daerah. Bahkan, jika disimak, nasi liwet sudah menjadi ikon dari provinsi Jawa Tengah untuk kuliner.

Apa yang menarik dari menu nasi liwet adalah cara memasak nasi yang unik dengan tambahan santan dan daun pandan untuk membuatnya lebih gurih. Selain itu, untuk penyajiannya, nasi liwet dihidangkan dengan daun pisang dan diberi lauk yang cukup lengkap yang bisa Anda pilih sendiri.

14. Rondo Royal

Nama makanan ini memang sering menimbulkan tafsir ganda. Ini artinya rondo dalam bahasa Jawa berarti janda dan royal suka memberi. Makanan khas Jawa Tengah ini tidak lantas diartikan sebagai janda murah hati yang suka memberi . Entah bagaimana asal dari nama makanan ini.

Camilan satu ini berasal dari Jepara dan cukup terkenal di kalangan masyarakat. Camilan ini dibuat dengan bahan dasar singkong yang kemudian dibalut dengan adonan tepung dan digoreng. Secara singkat, rondo royal adalah tape singkong goreng. Makanan ini memiliki rasa yang begitu gurih dan lezat.

15. Soto Kudus

Soto Kudus adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sangat nikmat dan terkenal. Seperti namanya, panganan ini berasal dari Kudus. Namun, kini di beberapa tempat sudah sering ditemukan jenis soto yang satu ini.

Apa yang menarik dari soto Kudus salah satunya adalah cara penyajiannya. Biasanya, soto ini disajikan dengan menggunakan tempat yang kecil. Jangan salah, rasa soto ini begitu nikmat. Selain itu, untuk pilihan daging, Anda bisa memilih soto dengan daging sapi atau kerbau. Cukup unik.

16. Wajik

Wajik dapat dianggap sebagai camilan ini termasuk salah satu yang masih ada termasuk panganan yang tradisional. Karena wajik sudah muncul sejak zaman dahulu, namun bisa bertahan antara makanan modern karena rasanya yang khas.

Camilan ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan campuran gula jawa. Karena campurannya ini maka wajik dulunya muncul dengan warna cokelat. Kini makanan khas Jawa Tengah ini tampil dengan aneka warna yang lebih menarik. Untuk produk yang satu ini, wajik dibuat dengan bahan gula pasir.

17. Dawet Ireng

Jika Anda berada di Purworejo, ada yang dapat dikunjungi jika Anda mampir ke warung dan nikmati dawet ireng. Dawet iring adalah salah satu sajian khas dari Jawa Tengah. Seperti namanya, apa yang menarik dari minuman dawet ini adalah warnanya yang hitam.

Warna hitam dari dawet ini berasal dari bahan alami yang digunakan, yaitu abu jerami. Bahan tersebut ditambahkan pada saat proses pembuatan cendol. Rasa dawet ini sangat nikmat dan manis. Menikmati dawet ireng di siang hari yang panas pasti akan sangat segar.

18. Mangut Beong

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang patut Anda coba. Karena sajian ini hanya dapat ditemukan di daerah Magelang saja, dibahas di sekitar Candi Borobudur. Makanan ini sangat terkenal karena keunikan dan rasanya yang begitu lezat.

Secara sekilas, beong mirip dengan ikan lele namun tentu saja bukan termasuk keluarga lele. Ikan ini ditemukan di Sungai Progo. Selain itu, ikan memiliki rasa yang lezat dan daging yang lembut namun tidak mudah hancur.

19. Berkecek

Memang, nama makanan khas ini sedikit aneh dan sulit diucapkan. Jika dilihat, sajian ini mirip dengan pecel dengan beberapa sayuran dan saus sambal kacang yang pedas. Namun, beberapa sayuran digunakan dalam kondisi mentah.

Makanan yang berasal dari Cilacap ini menjadi idola bagi masyarakat sekitar. Selain rasanya yang nikmat, harga murah dan pas di kantong.

20. Nasi Grombyang

Nasi grombyang adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup terkenal dan nikmat. Olahan nasi ini berasal dari daerah Pemalang. Hingga kini, nasi grombyang masih cukup banyak dicari oleh masyarakat sekitar, sebagian besar wisatawan yang datang ke Pemalang.

Yang menarik dari menu ini adalah cara penyajiannya. Olahan nasi disajikan dengan kuah yang lebih banyak dari isinya sehingga menu nasi terlihat grombyang-grombyang. Isi makanan khas Jawa Tengah ini adalah nasi, daging kerbau dan kuah pedas. Kombinasi ini akan menciptakan rasa kuliner yang enak dan menggugah selera.

21. Mi Ongklok

Untuk Anda pecinta kuliner mi, maka cobalah mi ongklok adalah salah satu pilihan yang tepat. Mi ongklok merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Wonosobo. Kuliner mi ini cukup unik dengan campuran kol dan juga daun kucai.

Selain itu, apa yang menarik dari makanan khas ini adalah kuah mi yang berbeda dengan bahan tepung kanji. Campuran tepung kanji ini akan membuat mi menjadi lebih kental. Kamu bisa menambahkan beberapa lauk, seperti sate sapi, tempe kemul atau keripik tahu sebagai pendamping saat menikmati mi.

22. Garang Asem

Mengunjungi ke Jawa Tengah tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba garang asem. Ya, ini salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang cukup akrab di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Sajian kuliner yang satu ini cukup mudah ditemukan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah, seperti Kudus, Semarang, Pati, Demak dan juga Pekalongan.

Garang asem dibuat dengan bahan dasar daging ayam. Yang menarik dari makanan ini adalah daging ayam olahan dengan santan, asam dan cabai.

Saat matang, Anda akan merasakan olahan daging yang unik dan lezat. Dalam penyajiannya, kuliner khas Jawa Tengah ini disajikan dengan daun pisang sehingga terlihat lebih tradisional.

23. Intip

Intip adalah makanan khas yang diambil dari Solo. Panganan ini sebenarnya merupakan nasi kerak. Kerak nasi ini dikeringkan, diberi bumbu lantas digoreng.

Salah satu makanan khas ini menjadi camilan rakyat yang murah meriah dan cukup mudah didapat di banyak lokasi di Jawa Tengah.

24. Mata Maling

Nama makanan khas Jawa Tengah ini memang sangat unik dan aneh. Namun, saat Anda melihat wujudnya, Anda pasti tidak akan menyangka. Ya, mata maling adalah camilan khas Jawa Tengah yang dibuat dari kulit melinjo.

Kulit melinjo tersebut akan dibersihkan, diberi bumbu rempah, sedikit gula dan cabai lantas digoreng. Mata maling adalah kulit melinjo goreng. Meskipun tampak sederhana, makanan khas Jawa Tengah ini memiliki rasa khas yang gurih, manis dan pedas. Sangat cocok untuk camilan saat santai.

25. Karang Gesin

Kuliner Khas Jawa Tengah ada yang cocok untuk Anda coba adalah karang gesing. Beberapa orang menyangka makanan ini adalah olahan seafood .

Padahal, karang gesing adalah makanan khas dari Solo yang dibuat dengan bahan pisang. Pisang ini diolah dengan santan dan gula hingga memiliki rasa yang sangat gurih dan manis.

27. Sosis Solo

Sosis pada umumnya dibuat dari daging yang dihaluskan dan dibungkus dengan usus atau semacamnya. Di Solo, Anda akan menemukan sosis yang unik. Salah satu makanan khas Jawa Tengah ini sangat terkenal dan menjadi ikon di Jawa Tengah.

Sosis Solo dibuat dengan bahan telur kulit -bagaimana kulit lumpia namun lebih lembut. Setelah itu, kulit itu diisi dengan daging ayam atau daging sapi. Di Solo, ada dua jenis makanan khas Jawa Tengah ini, yaitu sosis solo basah yang di kukus dan sosis Solo kering yang digoreng.

28. Sup Matahari

Sup matahari merupakan makanan khas Jawa Tengah yang cocok untuk Anda coba. Sup ini merupakan sup yang dibuat dengan bahan galantine ayam yang ditambahkan beragam jenis jamur dan wortel. Apa yang menarik dari bahan ini akan dibungkus dengan telur dadar.

Bahan-bahan yang dibungkus kemudian disiram dengan kuah panas. Telur dadar yang membungkus tadi akan terbuka dan mekar seperti bunga.

Inilah dasar Mengapa makanan khas ini dinamakan dengan nama sup matahari. Anda dapat menemukan menu makanan di beberapa pusat kuliner Jawa Tengah.

29. Bakso Babat

Bakso memang menjadi ide kuliner yang tidak akan pernah habis. Di Jawa Tengah, Anda akan menemukan variasi menu bakso yang enak. Bakso sebagai salah satu makanan khas Jawa Tengah ini sangat unik karena ada tambahan babat yang digunakan.

Secara umum, bakso ini tampak seperti biasanya. Bakso daging sapi dihidangkan dengan mi, taoge, tahu dan lainnya. Namun, menu tambahan membuat menu ini menjadi berbeda. 

Demikian beberapa pilihan kuliner khas Jawa Tengah yang bisa Anda coba. Dengan aneka makanan tersebut, dapat dilihat bahwa Jawa Tengah menjadi salah satu daerah yang kaya akan olahan kuliner. Terimakasih sudah membaca.

0 Response to "Makanan Khas Jawa Tengah "

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak