AGAR HATI MUDAH DAN RINGAN MENERIMA ILMU

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

"Apabila hati lembut dan lunak, maka hati tersebut akan menerima ilmu dengan mudah dan ringan. Namun apabila hati keras dan kaku, maka hati itu pun akan sulit dan berat dalam menerima ilmu.

Bersama dengan itu harus pula hati itu suci, bersih, dan sehat. Supaya ilmu bisa tumbuh padanya dan menghasilkan buah yang baik.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah telah menyampaikan sebuah kaidah penting dalam menuntut ilmu, yaitu bahwa hati yang lembut dan lunak akan lebih mudah menerima ilmu. Sebaliknya, hati yang keras dan kaku akan sulit menerima ilmu.

Hal ini karena hati yang lembut dan lunak adalah hati yang bersih dari penyakit hati, seperti sombong, riya, dengki, dan sebagainya. Hati yang bersih ini akan lebih mudah menerima kebenaran dan hikmah dari ilmu yang disampaikan.

Sebaliknya, hati yang keras dan kaku adalah hati yang terpenuhi dengan penyakit hati. Hati yang sakit ini akan sulit menerima kebenaran dan hikmah dari ilmu yang disampaikan. Ilmu yang disampaikan akan terasa berat dan sulit dicerna.

Selain itu, hati yang lembut dan lunak juga akan lebih mudah menerima ilmu karena hati ini memiliki kesiapan untuk menerima ilmu. Hati ini telah siap untuk menerima kebenaran dan hikmah dari ilmu yang disampaikan.

Sebaliknya, hati yang keras dan kaku adalah hati yang belum siap untuk menerima ilmu. Hati ini masih tertutup dan belum siap untuk menerima kebenaran dan hikmah dari ilmu yang disampaikan.

Oleh karena itu, jika kita ingin ilmu yang kita pelajari dapat bermanfaat bagi diri kita dan orang lain, maka kita harus berusaha untuk melembutkan hati kita. Kita dapat melembutkan hati kita dengan cara:

  • Membaca Al-Qur'an dan merenungkan maknanya.
  • Mengingat kematian dan hari akhir.
  • Mengingat nikmat-nikmat Allah yang telah dilimpahkan kepada kita.
  • Berdoa kepada Allah agar hati kita dibersihkan dan dilunakkan.

Dengan melembutkan hati, maka kita akan lebih mudah menerima ilmu dan ilmu yang kita pelajari akan bermanfaat bagi diri kita dan orang lain.

0 Response to "AGAR HATI MUDAH DAN RINGAN MENERIMA ILMU"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak