Orang Bertaqwa Naik Derajat Karena Masalah

Orang Bertaqwa Naik Derajat Karena Masalah

Dalam Islam, masalah atau ujian yang menimpa seseorang bisa menjadi sarana untuk meningkatkan derajatnya di sisi Allah Subhanahu wata'ala. 

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wata'ala berikut:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah Subhanahu wata'ala akan menguji hamba-hamba-Nya dengan berbagai macam ujian, baik ujian yang bersifat fisik maupun non-fisik. Tujuan dari ujian tersebut adalah untuk menguji keimanan dan ketakwaan hamba-Nya.

Bagi orang yang bertakwa, ujian tersebut justru akan menjadi sarana untuk meningkatkan derajatnya di sisi Allah Subhanahu wata'ala. Hal ini karena orang yang bertakwa akan menghadapi ujian tersebut dengan sabar dan penuh keikhlasan. Mereka akan menyadari bahwa ujian tersebut adalah bukti cinta Allah Subhanahu wata'ala kepada mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan orang bertakwa untuk meningkatkan derajatnya di sisi Allah Subhanahu wata'ala saat menghadapi masalah:

  • Sabar dan ikhlas. Orang bertakwa akan menghadapi ujian tersebut dengan sabar dan ikhlas. Mereka akan menyadari bahwa ujian tersebut adalah bagian dari takdir Allah Subhanahu wata'ala.
  • Berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wata'ala.Orang bertakwa akan senantiasa berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wata'ala agar diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi ujian tersebut.
  • Bersyukur kepada Allah Subhanahu wata'ala. Orang bertakwa akan senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu wata'ala atas ujian tersebut. Mereka akan menyadari bahwa ujian tersebut adalah bentuk kasih sayang Allah Subhanahu wata'ala kepada mereka.

Dengan sikap sabar, ikhlas, berdoa, dan bersyukur, orang bertakwa akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah Subhanahu wata'ala. Mereka juga akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi di sisi Allah Subhanahu wata'ala.

0 Response to "Orang Bertaqwa Naik Derajat Karena Masalah"

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak